Sejarah RSPN

Example blog post alt

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) adalah perguruan tinggi (PT) negeri yang berada di provinsi paling barat di Indonesia yaitu di Provinsi Aceh tepatnya di Kota Banda Aceh. Unsyiah sebagai universitas negeri secara resmi didirikan pada tanggal 21 Juni 1961 melalui Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 1961 dan disahkan dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 161 bertanggal 24 April 1962.

Rumah Sakit Prince Nayef (RSPN) bin Abdul Aziz Universitas Syiah Kuala adalah salah satu Rumah Sakit Umum di wilayah Banda Aceh milik Universitas Syiah Kuala yang tepatnya berada diwilayah Kopelma Darussalam Banda Aceh, rumah sakit tersebut adalah bantuan (hibah) dari Saudi Charity dan Islamic Development Bank (IDB) pasca musibah tsunami melanda Banda Aceh tahun 2004. Peletakan batu pertama Rumah Sakit ini dilakukan pada tanggal 28 Januari 2007 dan dilanjutkan peresmian pemakaiannya pada tanggal 8 Mei 2012. Pelayanan Rumah Sakit Rumah Sakit Prince Nayef Bin Abdul Aziz Universitas Syiah Kuala selain memberikan pelayanan civitas akademika Universitas Syiah Kuala, juga melayani masyarakat dan pasien BPJS. Maksud dan tujuannya adalah dalam rangka mempermudah pemberian pelayanan serta fasilitas kesehatan pada civitas akademika Unsyiah khususnya dan seluruh masyarakat Banda Aceh pada umumnya.

Pada awal pendiriannya dan diresmikan pada tanggal 8 Mei 2012, Rumah Sakit Prince Nayef bin Abdul Aziz merupakan rumah sakit tipe D yang memiliki fasilitas seperti Unit Gawat Darurat, 1 buah kamar operasi, kamar bersalin, High Care Unit, Neonatal Intensive Care Unit, 4 ruang poliklinik, apotik, dan ruang rawat inap dengan kapasitas 26 tempat tidur.

Seiring berjalannya waktu, Rumah Sakit Prince Nayef bin Abdul Aziz dipersiapkan menjadi rumah sakit perguruan tinggi negeri tipe C sebelum Rumah Sakit Pendidikan Universitas Syiah Kuala dibangun pada tahun 2020. Oleh karena itu sangat dibutuhkan pengembangan rumah sakit mengenai sarana pelayanan dan saran pendidikan yang dapat dilakukan untuk mahasiswa kedokteran, mahasiswa keperawatan dna mahasiswa pendukung rumah sakit lainnya.

Lokasi rumah sakit secara administrasi terletak di jalan lingkar Kampus Universitas Syiah Kuala, Kopelma darussalam, Banda Aceh. Bangunan rumah sakit Prince Nayef bin Abdul Aziz Universitas Syiah Kuala seluas 1.368 m2 dengan menempati lahan seluas 2.280,54 m2. Lokasi Rumah Sakit berbatasan dengan :

1.Sebelah Utara berbatasan dengan Fakultas Kedokteran Gigi;

2.Sebelah Selatan berbatasan dengan jalan lingkar kampus

3.Sebelah timur berbatasan dengan fakultas Kedokteran;dan

4.Sebelah barat berbatasan dengan jalan lingkar kampus